Kategori

5204

Catatan perjalan Roadshow IGI Sultra - Telkomsel Kendari

Day one,Sabtu

Tim Telkomsel Branch Kendari di Pimpin Bapak Syafrudin Laisa yang lebih akrab di panggil mas Doni berangkat dari Kendari pagi hari setealh sebelumnya menjemput Pak Dedy Amril Ismail (Ketua IGI Kota Kendari)menuju Kabupaten Bombana dengan 'nyamperin' saya di daerah Anduna, Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Perjalan kami cukup menyenangkan selain karena cuaca cukup baik, driver juga cukup tenang mengemudikan mobil kijang innova, kendaraan operasional Telkomsel. Dalam Perjalanan Kami banyak berdiskusi tentang Telkomsel dan tentang Guru serta pembicaraan kegiatan apa berikutnya yang bisa kami laksanakan. Perjalanan kali ini merupakan pertama kali saya menjejakan kaki di bumi daerah yang terkenal dengan Tambang emasnya.Saya sangat kagum melihat kondisi Taman Nasional Rawa aopa Watumohai yang jalannanya diitari oleh padang savana yang terhempar luas sejauh mata memandang.

kami tiba di pusat kota Bombana sekitar jam 12.30 dan langsung mencari hotel tempat menginap, hotel pertama yang kami sambangi adalah Hotel Fadillah, kemudian Hotel Rahmat, kemudian hotel pantai Bahagia,, dan akhirnya kami memutuskan untuk stay di hotel fadilah,,, mencoba mencari hotel dengan fasilitas bath tube ternyata ngga ada,,,heheh,,, maklum cuaca bombana kayaknya panas juga...

setelah take a nap, pada sore harinya kami mengecek TKP alias Tempat Kejadian Pelatihan yang berlokasi di SMPN 1 Rumbia, sederhana tetapi cukup melegakan karena masih punya waktu untuk menyiapkan ruangan untuk esok harinya. menata kursi, menyapu dan memasang spanduk itulah yang kami kerjakan sore itu dengan bantuan teman-teman guru SMAN 1 Rumbia diantaranya Bu Jumina, Bu Rahmah, pak Makmur dan pak Firman. mereka sangat welcome dengan kedatangan kami.

Malam Hari, kemana?

Pada malam hari kami hanya sempat keluar makan malam, kemudian kembali lagi ke hotel untuk beristrahat sambil menyiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan besok harinya.

Day Two, Minggu

Pagi harinya  dengan kondisi yang tidak begitu 'segar' -mungkin karena tidurnya telat- berangkat menuju TKP, di SMPN 1 Rumbia. Jam 8 lewat kami sudah berada diruangan dan langsung menyiapkan segala sesuatunya, memasang sound system dan membenahi ruangan termasuk kursi dengan bantuan beberapa karyawan Lumbung Buana Celular-salah satu mitra dealer Telkomsel-. kegiatan yang sedianya dijadwal berlangsung mulai jam 8 ternyata harus diundur hingga jam 9 karena peserta belum setengah dari target partisipan yang diundang. saya juga khawatir jangan sampai pesertanya hanya sedikit yang sempat hadir ternyata dugaan saya salah, malah pesertanya melebihi kuota sehingga materi yang telah disiapkan tidak cukup untuk semua peserta. untungnya masalah konsumsi semua teratasi dengan baik.

Acara diawali dengan ceremony semi formal karena ada semacam kata pengantar dari pihak IGI Sultra, Telkomsel dan Pihak Diknas Bombana dalam hal ini di wakili oleh Bapak Laewi selaku Koordinator Pengawas Diknas Kabupaten Bombana. setelah selesai pembukaan yang dilnjutkan dengan snack pagi sambil menunggu materi sesi pertama yang di bawakan oleh saya. adapun materi yang saya paparkan adalah selayang pandang IGI dan Peranan IGI dalam upaya meningkatkan mutu dan profesionalisme Guru Indonesia.

Saat saya memberikan materi banyak guru yang mengangguk-angguk seolah bergumam dalam hati 'ooohhh,, IGI ternyata begini adanya,,, bagus,,, salut,, ' heheh,,.pada bagian saya ini, di buka sesi tanya jawab dan intinya bahwa para guru di Kab. Bombana sangat merindukan organisasi profesi seperti IGI, diargumentasikan oleh mereka bahwa kegiatannya benar-benar menyentuh kepentingan guru dalam hal meningkatkan kompetensinya.